Nama : Muhammad Reza Pahlevi
NPM : 1B119074
Kelas : 3KA20
Mata Kuliah Pengantar Animasi Dan Desain Grafis
1. jelaskan
pengertian bitmap dan vektor
2. Apa
yang dimaksud dengan garis, bentuk
dan titik
3. Pengertian
warna primer dan sekunder
4. Apa
yang dimaksud istilah intensitas dalam dunia desain grafis
5. Sebutkan ciri-ciri dan kelemahan desain
grafis berbasis bitmap
Jawaban
1.
Pengertian Vector
Vector
adalah gambar yang terbuat dari beberapa titik dan garis (poligon), kombinasi
gambar jenis ini melalui proses rumus matematika khusus dalam pembuatan gambar.
Setiap alur vector dapat dengan mudah ditambah atribut untuk membuat berbagai
bentuk yang diinginkan. Vector juga dapat ditambahkan dan menghilangkan atribut
seperti ketebalan garis, warna, warna isi, nodes dan lainnya.
Pengertian
Bitmap
Bitmap
adalah terbentuknya dari banyak titik dengan campuran warna di dalam grafis
yang ada pada komputer. Gambar ini merupakan hasil dari susunan warna yang
mewakili dari beberapa pixel warna dan tampil pada layar monitor. Pada umumnya
jenis gambar bitmap, memiliki gambar yang tinggi dan lebar dalam bentuk pixel
dengan jumlah bit. Ada beberapa format gambar yang sering kita temui dan
tergolong dalam jenis bitmap seperti JPEG, BMP, PNG, dan GIF.
2. Garis
Garis
adalah barisan titik yang memiliki dimensi memanjang dan arah tertentu dengan kedua
ujung terpisah. Garis bisa berupa panjang, pendek, tebal, halus,
lurus, lengkung, patah, berombak, horizontal, vertikal, diagonal dan
sebagainya.
Menurut
wujudnya ada dua jenis garis
Garis
Nyata: adalah garis yang dihasilkan dari coretan atau goresan langsung
Garis
Semu: adalah garis yang muncul karena adanya kesan batas (kontur) dari suatU
bidang, warna atau ruang.
Sama
halnya denga titik, garis juga dapat dijadikan teknik menggambar atau melukis.
·
Bentuk
Bentuk
dalam seni rupa tiga dimensi. Ada tiga jenis bentuk, yakni :
Bentuk
Figuratif : adalah bentuk yang meniru wujud yang berasal dari alam seperti
manusia, hewan, tumbuhan dan benda..Bentuk Abstraktif : adalah Bentuk
Figuratif yang digayakan atau diubah bentuknya (stalasi). Contohnya
wayang kulit/golek, topeng, dekorasi batik dan sebagainya.Bentuk Abstrak :
adalah bentuk yang menyimpang dari wujud benda-benda atau makhluk yang ada di
alam. Diantaranya adalah bentuk geometris seperti balok, tabung, piramid,
kerucut dan bola. Jika melihat bentuk karya abstrak kita belum tentu bisa
mengenali bentuk dari benda atau makhluk apa yang dimaksud oleh
perupa. Karya abstrak merupakan hasil eksplorasi lebih
lanjut dari bentuk yang biasa kita lihat, sehingga nilai idenya lebih tinggi
·
Titik
Titik
adalah unsur seni rupa dua dimensi yang paling dasar. Titikdapat
dikembangkan menjadi garis dan bidang. Titik merupakan unsur penting dalam seni
rupa. Sebagai bukti adalah adanya lukisan bergaya impresif dengan teknik
mengkombinasikan berbagai variasi ukuran dan warna titik hingga membentuk suatu
kesatuan wujud. Lukisan seperti ini sering disebu beraliran pointilisme.
3. Warna
primer adalah warna dasar yang bukan campuran dari warna-warna lain. Yang
termasuk dalam golongan warna primer adalah merah, biru, dan kuning.
Warna
sekunder adalah hasil percampuran warna-warna primer, dengan proporsi 1 banding
1. Misalnya, jingga adalah hasil campuran merah dan kuning, hijau adalah
campuran biru dan kuning, sedangkan ungu adalah campuran merah dan biru.
4. Pixel
yang membentuk suatu gambar memiliki warna-warna tertentu. Jumlah warna yang
dimiliki suatu gambar disebut intensitas. Intensitas gambar mempunyai beberapa
jenis istilah yaitu 256 warna, high color, 16 juta warna (true color), gradasi
abu-abu (grayscale), dan hitam-pitih (black & white).
5. Kelemahan
grafis bitmap :
·
Ketika memberi efek pada objek gambar
bitmap dan mencetaknya, gambar akan menjadi pecah serta detailnya akan
berkurang jika mencetaknya dengan resolusi yang lebih rendah.
·
Objek gambar bitmap sangat bermasalah saat
dirubah ukurannya, terutama saat gambar di perbesar dan gambar akan menjadi
pecah.
·
Ukuran file grafis bitmap relatif besar
0 komentar:
Posting Komentar