Kamis, 05 November 2020

Pengertian Wearable Device ,beberapa contoh alat dan cara Kerjanya

 

Muhammad Reza Pahlevi

1B119074

2KA20

Matakuliah Inovasi SI & New Tecnhnology

·         Wearable Device atau perangkat wearable

merupakan sebuah benda berupa aksesori yang memiliki teknologi layaknya sebuah komputer berukuran mini. Ia dapat berwujud sebagai kacamata, gelang, jam tangan, bahkan pakaian. Tentunya dengan label pintar di belakangnya.

Perangkat wearable kini menjadi tren yang cukup digandrungi oleh berbagai lapisan masyarakat. Pasalnya, perangkat wearable kini juga semakin murah harganya. Dari mulai jam tangan hingga gelang pintar menjadi pilihan para vendor untuk membuat perangkat wearable.

 

·         Jam Tangan Pintar (Smartwatch)

Proses komputerisasi jam tangan menjadi smartwatch ini dimulai pada 2013, di mana saat itu Samsung memperkenalkan perangkat bernama Samsung Gear. Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, perangkat ini merupakan pelengkap dari smartphone untuk memeriksa beragam notifikasi seperti e-mail, cuaca, atau agenda.

Semua kemampuan yang dimiliki oleh perangkat ini tak lepas dari penerapan sistem operasi yang ada di dalamnya. Selain itu, ia juga turut didukung oleh komponen lain seperti memori internal, chip prosesor, dan lain-lain.

·         Gelang Kesehatan

Sebagaimana namanya, gelang ini bisa digunakan untuk memonitor kesehatan pemiliknya. Dengan menanamkan sebuah sensor, gelang kesehatan mampu menghitung langkah kaki seseorang dan denyut jantung selama beraktivitas. Selain itu, ia juga telah dilengkapi oleh sistem yang dapat terintegrasi dengan smartphone untuk memonitor hal tersebut.

·         Sepatu dan Jaket Pintar

Selain dalam bentuk perangkat, teknologi juga digunakan pada pakaian sehari-hari seperti sepatu dan jaket. Baru-baru ini, Xiaomi mengumumkan sepatu pintar yang diberi nama ‘90 Minutes Ultra Smart Sportswear’. Sepatu tersebut dibekali sensor milik Intel untuk menghitung langkah kaki penggunanya.

Ada pula jaket pintar hasil rancangan Google dengan merek jins terkemuka. Jaket pintar bernama Commuter Trucker tersebut memiliki sebuah layar yang dapat merespons saat diketuk ataupun diusap. Fungsi dari layar itu antara lain mengaktifkan beragam aplikasi di smartphone seperti musik atau menjawab panggilan telefon.

 Sumber : https://techno.okezone.com/read/2017/03/15/207/1643770/ini-jenis-jenis-perangkat-wearable-beserta-fungsinya

https://techno.okezone.com/read/2017/03/15/57/1643076/sejarah-dan-perkenalan-perangkat-wearable

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Label