Jumat, 05 Juli 2019

Implementasi ERP Pada Bank


Tugas Softskill

Implementasi ERP Pada Bank


Kelompok 3
Anggota :
Imanuel Jeremia (38116174)
Jeremy Bastian (33116698)
Muhammad Reza Pahlevi (35116047)
Kelas 3DB03




Universitas Gunadarma
ATA 2018 / 2019

I. Pengertian ERP
Perencanaan Sumber Daya Perusahaan (ERP) adalah sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahaan manufaktur maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi maupun distribusi di perusahaan bersangkutan.
II. Konsep Dasar ERP
Konsep ERP adalah sebuah sistem yang mengintegrasikan proses setiap line dalam manajemen perusahaan secara transparasi dan memiliki akuntabilitas yang cukup tinggi. Untuk memasuki pasar internasional, ERP merupakan salah satu yang menjadi pra-syarat dasar bagi perusahaan. Indonesia merupakan negara yang sedang berkembang, dimana basis perekonomiannya bertumpu di bidang bisnis, maka efisiensi menjadi salah satu faktor yang cukup penting dalam setiap perusahaan.
III. Keuntungan  dan Kelemahan ERP
Kelebihan
      Penurunan inventori
      Penurunan tenaga kerja secara total
      Peningkatan service level
      Peningkatan kontrol keuangan
      Penurunan waktu yang di butuhkan untuk mendapatkan informasi
Kelemahan
ž  Terbatasnya kustomisasi dari software ERP
ž  Sistem ERP sangat mahal
ž  Perekayasaan kembali proses bisnis untuk menyesuaikan dengan standar industri yang telah dideskripsikan oleh sistem ERP dapat menyebabkan hilangnya keuntungan kompetitif
IV. Implementasi
Pada kesempatan kali ini kami kelompok 3 akan membahas tentang sebuah implementasi ERP (Enterprise Resource Planning) pada sebuah Bank. Seperti pada penjelasan diatas mengenai ERP, ERP sangat sekali dibutuhkan di perusahaan manapun apalagi perusahaan manufaktur karena agar pekerjaan menjadi lebih efesien dan praktis dalam menangani suatu pekerjaan.
Sebagai contoh pada Bank, biasanya bank mengimplementasikan ERP SAP untuk peningkatan terhadap aksesbilitas informasi, agar perusahaan dapat mengontrol dan mengelola transaksi harian di berbagai wilayah dan unit kerja. Implementasi solusi tersebut ditujukan untuk meningkatkan keterbukaan informasi, kontrol manajemen, standarisasi proses, akurasi dan efisiensi data dengan berbasiskan pada fungsi yang menyeluruh dan reputasi internasional yang ditawarkan solusi SAP tersebut.

V. Kesimpulan
Menurut kami penggunaan ERP dalam Bank itu sangatlah penting sekali dan bermanfaat bagi Bank untuk mengontrol transaksi harian secara Real Time dan mampu mengintegrasikannya secara ringkas demi keamanan dalam bertransaksi.

V. Daftar Pustaka
https://www.hestanto.web.id/konsep-erp/





Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Label