Sabtu, 25 April 2020

Manusia Dan Keindahan



PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG MASALAH
Keindahan alam arti luas merupakan pengertian semula dari bangsa Yunani dulu yangdidalamnya tercakup pula kebaikan. Plato misalnya menyebut tentang watak yang indah danhukum yang indah, sedang Aristoteles merumuskan keindahan sebagai sesuatu yang selain baik juga menyenangkan. Plotinus menulis tentang ilmu yang indah, kebajikan yang indah. OrangYunani dulu berbicara juga tentang buah pikiran yang indah dan adap kebiasaan yang indah. Tapi bangsa Yunani juga mengenal keindahan dalam arti estetis yang disebutnya “symetria untuk keindahan berdasarkan penglihatan dan harmonia untuk keindahan berdasarkan pendengaran.

RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang yang dikemukakan diatas, yang menjadi rumusan masalahdalam makalah ini adalah:
1.      Apa pengertian manusia dan keindahan?
2.      Bagaimana cara untuk mengetahui suatu keindahan?










BAB II
PEMBAHASAN

DEFINISI MANUSIA DAN KEINDAHAN
Keindahan atau keelokan merupakan si-at dan ciri dari orang, hewan, tempat, objek,atau gagasan yang memberikan pengalaman persepsi kesenangan, bermakna, atau kepuasan.$alam Kamus 'esar 'bahasa indonesia, keindahan diartikan sebagai keadaan yang enakdipandang, cantik, bagus benar atau elok. Keindahan dipelajari sebagai bagian dari estetika,sosiologi, psikologi sosial, dan budaya. sebuah “kecantikan yang ideal adalah sebuah entitasyang dikagumi, atau memiliki -itur yang dikaitkan dengan keindahan dalam suatu budayatertentu, untuk kesempurnaannya.Pengalaman “keindahan sering melibatkan pena-siran beberapa entitas yang seimbangdan selaras dengan alam, yang dapat menyebabkan perasaan daya tarik dan ketenteramanemosional. Karena ini adalah pengalaman subyekti-, sering dikatakan bahwa beauty is in the eyeof the beholder atau “keindahan itu berada pada mata yang melihatnya.
Manusia atau orang dapat diartikan berbeda"beda menurut biologis, rohani, dan istilahkebudayaan, atau secara campuran. Secara biologis, manusia diklasi-ikasikan sebagai Homo sapiens bahasa latin untuk manusia, sebuah spesies primata dari golongan mamalia yangdilengkapi otak berkemampuan tinggi. dalam hal kerohanian, mereka dijelaskan menggunakankonsep jiwa yang berariasi di mana, dalam agama, dimengerti dalam hubungannya dengankekuatan ketuhanan atau makhluk hidup dalam mitos, mereka juga seringkali dibandingkandengan ras lain. alam antropologi kebudayaan, mereka dijelaskan berdasarkan penggunaan bahasanya, organisasi mereka dalam masyarakat majemuk serta perkembangan teknologinya, dan terutama berdasarkan kemampuannya untuk membentuk kelompok dan lembaga untukdukungan satu sama lain serta pertolongan.





HUBUNGAN MANUSIA DAN KEINDAHAN
Manusia dan keindahan memang tak bisa dipisahkan sehingga diperlukan pelestarian bentuk keindahan yang dituangkan dalam berbagai bentuk kesenian seni rupa, seni suaramaupun seni pertunjukan yang nantinya manjadi bagian dari kebudayaannya yang dapatdibanggakan dan mudah-mudahan terlepas dari unsur politik. Kawasan keindahan bagi manusiasangat luas, seluas keanekaragaman manusia dan sesuai pula dengan perkembangan peradabanteknologi, sosial, dan budaya. Karena itu keindahan dapat dikatakan, bahwa keindahanmerupakan bagian hidup manusia. Keindahan tak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Dimanapun kapan pun dan siapa saja dapat menikmati keindahan. Keindahan identik dengan kebenaran. Keindahan merupakan kebenaran dan kebenaranadalah keindahan. Keduanya mempunyai nilai yang sama yaitu abadi, dan mempunyai daya tarik

4 Cara Untuk Mengetahui Suatu Keindahan
1.      Renungan
Renungan berasal dari kata renunag, merenung artinya dengan diam-diam memikirkan sesuatu, atau memikirkan sesuatu dengan dalam-dalam. Renungan adalah hasil merenung.
2.      Keserasian
Keserasian berasal dari kata serasi-serasi dari kata dasar rasi artinya cocok, sesuai, atau kena benar. Kata cocok sesuai atau kena mengandung unsur pengertian perpaduan, ukuran dan seimbang.
3.      Kehalusan
Kehalusan berasal dari kata halus artinya tidak kasar (perbuatan) lembut, sopan, baik (budi bahasa), beradab. Kehalusan berarti sifat-sifat yang halus. Halus itu berarti suatu sikap manusia dalam pergaulan baik dalam masyarakat kecil maupun dalam masyarakat luas.
4.      Kontemplasi
Suatu proses bermeditasi, merenungkan atau berpikir penuh dan mendalam untuk mencari nilai-nilai makna, manfaat, dan tujuan, atau niat hasil penciptaan.

Kesimpulan
Manusia dan Keindahan tidak dapat dipisahkan manusia yang berarti mahluk sosial dalam kehidupan sehari hari tidak luput dari hal keindahan, mau itu pada benda mati ataupun beda hidup.
            Manusia yang hakikatnya mahluk paling sempurna yang sudah diciptakan oleh tuhan memiliki tanggung jawab untuk menjaga seluruh keindahan yang ada seperti alam dan mahluk hidupnya, agar berguna untuk di nikmati diri sendiri atau orang lain.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Label